DISAIN OUTBOUND

Seperti umumnya pada sebuah kegiatan atau program acara, hal utama yang harus di ciptakan terlebih dahulu adalah mendisain sedemikian rupa, mengurutkan sedetail mungkin, meramu selengkap lengkapnya dari A sampai Z berbagai unsur yang berkenaan dengan kegiatan atau program tersebut.  Yang tujuan akhirnya adalah kelancaran dan kesuksesan.

Begitu juga halnya dengan program outbound, segala hal yang berkenaan dan berhubungan dengan seluruh rangkaian kegiatan harus mampu anda uraikan satu persatu. Mulai dari pemilihan tema hingga pemberian penghargaan kepada peserta yang berhasil adalah beberapa kriteria yang perlu di perhatikan dengan serius.

Secara umum dalam kegiatan mendisain suatu program outbound khususnya bagi organisasi yang mengutamakan hasil dari kegiatan ini, tentunya bekerjasama dengan konsultan outbound dapat di lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • tentukan tema utama kegiatan
  • tentukan hasil yang ingin di capai
  • tentukan durasi waktu kegiatan
  • tentukan profile peserta
  • tentukan lokasi yang sesuai dan mendukung
  • tentukan jenis permainan
  • tentukan bentuk penghargaan dan hukuman
  • tentukan tim kerja internal
  • tentukan investasi
Alangkah baiknya bila langkah - langkah di atas dapat diuraikan secara detail dan terperinci. Selain menjamin suksesnya kegiatan outbound yang akan dilaksanakan, tidak lain adalah juga untuk mempermudah tim kerja atau kepanitiaan dalam memonitor seluruh kegiatan.

Karena kegiatan outbound adala sebuah investasi mendasar bagi perusahaan dalam rangka prosesl pengembangan sumber daya manusia disamping unsur untuk penyegaran beban kerja yang berlebihan, sangat di anjurkan jadikanlah kegiatan outbound ini sebagai kegiatan yang rutin di adakan minimal 1 tahun 2 kali.

Yang pertama sangat dianjurkan dilaksanakan di awal tahun yang bertujuan untuk menyamakan cara berpikir masing - masing anggota organisasi dalam mencapai target organisasi. Dan yang kedua adalah menjelang akhir tahun yang memiliki 2 manfaat yakni sebagai sebuah bentuk perhargaan atas tercapainya target organisasi atau sebagai media evaluasi dalam memaksimalkan waktu yang tersisa guna mencapai target organisai sebelum tahun berjalan berakhir.

Selamat outbound !!
"Ciptakan tim yang hebat melalui Outbound"