- KETAHUI PROFILE PESERTA OUTBOUND
Mengetahui profile peserta ini sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya dalam memilih paket Outbound yang tepat bagi anda, apalagi bila anda yang diberi amanah atau kepercayaan untuk mengatur acara tersebut ..bisa bisa, setelah acara pelatihan Outbound anda malah turun jabatan atau bahkan dipecat! hehehe
Mengapa profile peserta menjadi penting? karena latar belakang mempengaruhi watak dan perilaku peserta, dan hal ini tidak bisa diabaikan oleh penyedia jasa pelatihan Outbound.
- TENTUKAN TEMPAT
Sejatinya, tempat Outbound dilaksanakan di tempat yang memiliki akses ke alam terbuka atau minimal di lokasi yang memiliki area yang luas untuk beraktifitas bebas.
- RUMUSKAN TEMA OUTBOUND
Namun demikian tersedia tema tema umum yang selalu menjadi isu hangat dalam organisasi atau kelompok, biasanya penyedia jasa Outbound sudah memahami hal ini mulai dari A sampai Z , terkadang penyedia jasa Outbound yang kreatif selalu menyisipkan isu atau hal baru ke dalam training yang mereka selenggarakan sehingga program Outbound training ini terasa “baru” dan selalu menyenangkan ..
- GUNAKAN JASA OPERATOR OUTBOUND TRAINING
Semua orang bisa menjadi instruktur Outbound, apalagi yang berlatar belakang pencinta alam. namun, itu saja tidak cukup. perlu ada ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang mendalam mengenai aspek organisasi dan manajemen, ekonomi, sekaligus psikologi dan hal ini tidak akan anda dapatkan bila anda hanya “membeli tiket masuk” lalu sekedar “bermain-main” di alam terbuka saja.
Kesalahpahaman ini yang seringkali muncul dan mengaburkan definisi pelatihan Outbound ..kita, sebagai masyarakat awam, juga menjadi buruk sangka dengan penyedia pelatihan Outbound yang menyelenggarakan paket Outbound dengan biaya yang (terkesan) mahal ..padahal, bila kita paham, tentunya harga yang ditawarkan sangat sepadan dengan pelatihan Outbound training dan hasil yang dilaksanakan.
sumber : anandatours.com