FASILITATOR OUTBOUND

Dalam setiap kegiatan outbound yang sukses, selalu ada Instruktur atau fasilitator outbound yang sukses pula. Begitulah motto yang biasa tercipta di setiap kegiatan outbound. Salah satu faktor yang menentukannya adalah keberhasilan instruktur dalam mengemas kegiatan outbound tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan outbound harus memunculkan suasana pembelajaran yang baik dengan tidak lupa memasukkan unsur fun didalamnya. Agar setiap peserta mau terlibat secara sukarela dan tanpa paksaan disetiap kegiatan yang diberikan oleh instruktur atau fasilitator outbound. Oleh karena itulah untuk mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi dalam setiap kegiatan outbound, maka perlu di buatkan standar yang layak bagi para instruktur atau fasilitator outbound terrsebut.
Adapun beberapa kriteria untuk para fasilitator adalah :
  1. Memiliki Disiplin yang tinggi
  2. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang baik
  3. Memiliki Tingkah Laku yang Menyenangkan
  4. Memiliki Jiwa Melayani (service oriented) yang baik
  5. Memahami rangkaian acara outbound secara baik
  6. Mampu melakukan eksplorasi terhadap peserta outbound
  7. Memiliki pengusaan yang baik terhadap keselamatan serta keamanan kegiatan outbound
Keseluruhan kriteria diatas sebaiknya menjadi keadaan standar bagi setiap instruktur atau fasilitator outbound. Dengan tujuan agar para peserta yang mengikuti kegiatan outbound selain mendapatkan pengalaman dalam mengikuti program outbound, juga bisa mengambil hal - hal positif dari pribadi - pribadi instruktur ataupun fasilitator yang meyelenggarakannya.
Dengan begitu sekembalinya para peserta ke lingkungan kesehariannya mampu juga memberikan pengaruh yang baik yang mereka dapat sebelumnya di program outbound yang mereka ikuti.