SEKILAS OUTBOUND

Mendengar kata Outbound pasti yang terbayang di benak anda adalah kegiatan yang berhubungan dengan alam sebagai medianya. Pasti akan muncul gambaran orang melintas di atas tali dengan ketinggian tertentu, terbang hanya dengan di ikat pada seutas tali sebagai pengamannya, melintasi jaring - jaring mirip seperti sarang laba - laba dan lain sebagainya. Betul kan ? Anda benar, karena memang begitulah hakikatnya kenapa sampai dinamakan Outbound.

Nah ternyata proses belajar dialam ini telah dikenal sejak tahun 1821 melalui pendidikan di alam terbuka sebagai medianya yang di beri nama Round Hill School.

Menurut anda siapakah orang yang pertama kali memperkenalkan kegiatan outbound hingga terkenal dan digandrungi sampai seantero dunia sekarang ? Ia adalah Dr Kurt  Hahn, seorang tokoh pendidikan  yang berbeda pandangan politiknya dengan Hitler sang pengusa Eropa saat itu, berkewarganeraaan Jerman. Ia mendirikan sekolah Outbound di daerah Aberdovey, Wales Inggris. Para muridnya adalah para tentara Inggris yang diajarkan melalui metode untuk tetap bertahan hidup pada kondisi peperangan saat itu. Metode yang ia pakai menggunakan pegunungan, sungai dan laut sebagai sarana belajarnya.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, outbound dikembangkan menjadi suatu pendidikan alam yang mengutamakan kedisiplinan, kerjasama team dan pembentukan karakter dari seseorang dan bagian dari sebuah tim melalui peralatan yang dikembangkan sebagai sarana pendukung tujuan outbound itu sendiri. Disamping itu, kegiatan outboubnd juga harus memasukkan untuk belajar melalui perasaan senang dan gembira dalam aktifitasnya. Diantara seluruh manfaat tersebut, INTI dari kegiatan Outboud adalah meningkatkan rasa percaya diri pada setiap peserta yang melaksanakannya.

"Belajarlah dari alam dan engkau akan mengetahui sebanyak apapun yang ingin engkau ketahui." SELAMAT DATANG di OUTBOUND GALLERY

 catatan : dirangkum dari berbagai sumber