ABOUT DIVING

Secara fisiologi penyelaman, manusia tidak diciptakan untuk beradaptasi dengan lingkungan bawah perairan baik perairan tawar maupun laut, tetapi manusia dapat menciptakan suatu alat untuk beradptasi dengan lingkungan perairan. Alat tersebut dinamakan SCUBA ( Self Contained Underwater Breathing Apparatus). Peralatan Scuba merupakan peralatan penyelaman yang disempurnakan oleh Yves Couteau dan Emile Gagnan pada tahun 1943, dan sampai sekarang masih dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan baik berupa tingkat keselamatan dan berbagai asesoris pendukung lainnya.

Penyelaman Scuba pada tingkat paling aman dapat dilakukan pada kedalaman 5 - 40 meter, dengan kecepatan arus maksimal 1 knots. Dalam keadaan normal penyelaman scuba dapat dilakukan pada kedalaman 10 meter selama tidak terbatas, sedangkan maksimalnya dilakukan pada kedalaman 40 meter selama 10 menit. Peralatan Scuba digunakan untuk tugas penyelaman di air dangkal yang memerlukan mobilitas tinggi, sehingga dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat dan singkat. Penyelama Scuba sering dilakukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dan penelitian-penelitian bawah air, pencarian benda-benda, perbaikan atau perawatan ringan pada kapal, mengembangkan hobi dan rekreasi.

Sebagian ahli penyelaman mengatakan bahwa penyelaman Scuba merupakan salah satu aktivitas atau olah raga yang beresiko tinggi baik bagi kesehatan maupun bagi keselamatan pribadi pelakunya. Tentunya bila kegiatan tersebut tidak dilakukan melalui prosedur yang benar. Karena itu pendidikan dan pelatihan penyelaman Scuba harus dikelola sebagai suatu kegiatan belajar-mengajar dengan sistim yang jelas dengan program-programnya, terukur dan terorganisir pelaksanaannya. Dengan demikian akan dimungkinkan diadakannya monitoring, evaluasi guna mencapai hasil yang optimal.

Bagi teman-teman yang suka diving, berikut ini manfaat diving bagi kesehatan dan kebugaran tubuh :
  • Membuat tubuh menjadi lebih lentur dan bertenaga
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Memperlancar saluran darah
  • Meningkatkan konsentrasi dan refleks
  • Menghilangkan stress
  • Mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung
Nah, inilah tempat TERBAIK untuk diving di Indonesia dan dunia !!!

sumber : mapasti-stmik.forummotion.com dan desmanwardi.blogspot.com